Selasa, 02 April 2013

pengertian dan contoh sistem fault tolerant, sistem rollback, dan firewall

Pengertian Dan Contoh Sistem Fault Tolerant, Sistem Rollback, dan Firewall

A. Sistem Fault Tolerant
     Fault Tolerant atau yang dimaksud toleransi terhadap kesalahan yaitu adanya toleransi terhadap kesalahan perangkat keras computer dan memberikan toleransi terhadap terjadinya kondisi buruk pada sistem jaringan dengan memberikan perlindungan data , sehingga apabila terjadi kerusakan tidak akan menghetikan proses dalam sistem jaringan .Kerusakan seberapa parahpun akan masih tetap di lindungi sehingga tidak akan membuat data menjadi hilang atau rusak dengan kata lain sistem fault tolerant akan menjaga subuah data di hard disk agar data yang ada tetap merupakan data yang asli  , tidak cacat , dan tidak berubah.
     Contoh Sistem Fault Tolerant :
• Redundant FAN;
• Online spare (Memory & HDD);
• Mirroring (Memory & HDD);
• RAID dll.



B. Sistem Rollback
     Rollback Adalah perintah  yang berfungsi untuk mengendalikan pengeksekusian transaksi yang membatalkan transaksi yang dilakukan karena adanya kesalahan atau kegagalan pada salah satu rangkaian perintah.
     Contoh Sistem Rollback : 
Jika anda ingin melakukan sebuah pegiriman uang melalui ATM, tetepi tiba-tiba mesin ATM nya eror dan pengirimannya belum selesai tetapi uang didalam ATM anda telah terpotong, maka anda bisa menyelesaikan nya kembali dengan Sistem Rollback.


C. Firewall
     Firewall atau Tembok api adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringanyang dianggap tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dengan jaringan Internet.
Firewall digunakan untuk membatasi atau mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua macam jaringan yang berbeda.
     Contoh Firewall :
• Symantec Norton Personal Firewall;

• Microsoft Internet Security And Acceleration (ISA Server);
 Cisceo PIX dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar